Pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Banyak alasan yang diberikan siswa ketika mereka kesulitan dalam belajar salah satunya adalah metode pembelajaran guru mata pelajaran yang bersangkutan terasa membosankan. Oleh karena itu setiap guru hendaknya pandai-pandai berkreasi ketika menyampaikan materi terhadap siswa.
Tidak semua mata pelajaran dapat disampaikan dengan cara yang variatif. Kreativitas guru dalam menyampaikan materi harus disesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan terutama mengenai kesesuaiannya. Jangan sampai karena fokus terhadap metode pembelajaran tetapi esensi materi yang akan diajarkan tidak tersampaikan. Boleh berkreasi dalam metode pembelajaran asalkan materi esensi dapat tersampaikan pada siswa dengan benar. Selain metode pembelajaran seorang guru juga dapat menggunakan media pembelajaran guna mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Kemajuan teknologi semakin membantu guru dalam menyediakan media pembelajaran.
Media pembelajaran dapat berupa hard maupun soft. Hal yang perlu diingat adalah bahwa keberadaan media pembelajaran berfungsi untuk memudahkan siswa memahami materi yang guru sampaikan bukan berfungsi untuk memudahkan guru dalam mengajar. Ada guru yang menggunakan media pembelajaran dengan tujuan agar ketika di kelas tidak cepat lelah, tidak banyak bicara, dan sebagainya.
Salah satu metode pembelajaran yang disukai siswa adalah dengan cara permainan. Sebagaimana kita tahu bahwa sifat dasar anak-anak adalah menyukai permainan. Maka diharapkan dengan metode permainan siswa dapat menikmati proses pembelajaran dan dapat menangkap materi yang tersirat dalam permainan tersebut. Metode pembelajaran dengan permainan dapat didukung dengan media pembelajaran yang sesuai dengan permainan yang akan digunakan.
Salah satu contoh permainan dapat diterapkan pada materi tabel periodik unsur. Materi tabel periodik unsur bagi kebanyakan siswa terasa membosankan jika diajarkan dengan metode ceramah karenan materi tabel periodik unsur berisi teori tidak ada perhitungannya. Ada banyak alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan untuk mengajarkan materi tabel periodik unsur. Salah satu yang dapat dipilih adalah dengan menggunakan permainan ular tangga.
Permainan ular tangga sudah sangat melekat pada anak-anak sehingga aturan main dalam permainan ular tangga hampir semua siswa memahami aturan permainannya. Hal yang membedakan ular tangga kimia untuk materi tabel periodik unsur adalah ular tangga yang digunakan merupakan tabel periodik unsur. Meskipun begitu, komponen dasar pada ular tangga seperti ular dan tangga tetap ada pada ular tangga kimia untuk materi tabel periodik unsur. Hal yang membedakan lainnya pada permainan ular tangga kimia untuk materi tabel periodik unsur adalah aturan mainnya. Siswa diperbolehkan jalan ketika siswa sudah menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan tabel periodik unsur. Pertanyaan tersebut misalnya tentang nomor atom, jumlah proton, jumlah elektron, jumlah neutron, jumlah elektron valensi, maupun sifat kimia dan sifat fisika.
No comments:
Post a Comment